Rabu, 28 Juni 2017

Kisi-Kisi Psikotes Dan Interview Pt Toyota Boshoku Indonesia (TBINA)

Kisi-Kisi Psikotes Pt TBINA

Setelah membaca profil dan kesejahteraan Pt Toyota Boshoku Indonesia atau TBINA ini saya yakin banyak diantara pembaca yang semakin minat untuk bekerja di perusahaan ini. Namun untuk bisa masuk di perusahaan ini anda harus mengikuti tahapan seleksi yang cukup panjang untuk bisa menjadi karyawan disini.

Seperti yang sudah saya katakan di artikel sebelumnya bahwa kebetulan saya sudah pernah bekerja di TBINA jadi otomatis saya sudah mengikuti semua tahapan tes selwksi karyawan Pt TBINA. Nah pada artikel ini saya akan membagikan informasi mengenai psikotes dan interviewnya.

Kisi-kisi soal psikotes dan wawancara Pt TBINA 

Seperti halnya perusahaan lainnya, pada proses seleksi karyawan baru Pt TBINA juga ada tahapan psikotes dan juga wawancara. Bagi anda yang sudah berpwngalaman tentu tidak ada masalah dengan hal ini karena memang sudah pernah atau malah mungkin sudah terbiasa, namun bagi para pencati kerja baru atau fresh graduate mendengar kata psikotes dan wawancara adalah sesuatu yang horor.

Psikotes Pt Toyota Boshoku Indonesia (TBINA)

Sebelum memulai anda sudah tahu kan apa itu psikotest? Jika belum saya akan memberikan pengertiannya agar anda semakin mengingatnya.

Psikotes adalah serangkaian pengujian yang dilakukan oleh seorang ahli psikologi yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kondisi psikologi seseorang.

Psikotes di Pt TBINA menurut saya pribadi sangat mudah dan gampang dikerjakan, apa saja?

#1 Tes matematika dasar
Dari namanya saja sudah terbayang kan betapa gampang dan mudahnya? Ya memang kenyataannya tes ini sangat mudah. Soalnya sendiri memang dangat mudah dan bentuknya memang hanya berupa matematika dasar seperti penjumlahan, pengirangan, perkalian, pembagian, akar, ataupun soal kombinasi dari bentuk operasi tersebut.

Selain itu ada juga bentuk soal yang berbentuk soal cerita, namun tetap saja mudah untuk dikerjakan karena angkanya kecil-kecil. Saya yakin anda para pembaca sekalian pasti bisa mengerjakan karena soal-soal seperti ini merupakan soalnya para anak SD.

#2 Tes kraeplin
Mungkin diantara para pembaca sekalian ada yang baru terjun ke dunia kerja dan baru pertama kali mendengar yang namanya kraeplin dan merasa bingung mengenai bentuk dan cara mengerjakannya.

Tes kraeplin ini soalnya berupa satu lembar jertas yang berisi baris dan kolom angka. Untuk jumlah kolomnya sekitar 50-100 dan untuk barisnya saya tidak tahu tepatnya karena memang cukup banyak. Tidak seperti perusahaan lainnya, di tbina kertas soal kraeplinnya kecil, biasanya di perusahaan lain kertasnya seukuran buku gambar A3.

Cara mengerjakannya yaitu kita diminta untuk menjumlahkan angka dimulai dari pojok kiri bawah keatas, hasil penjumlahan dari dua angka nantinya kita tulis di tengah-tengah sebelah kanan kedua angka yang dijumlahkan.

Jika hasil penjumlahan ada dua digit misal 7+3=10 maka anda hanya harus menuliskan angka 0 saja. Untuk mengerjakan setiap kolom waktunya dibatasi dan jika waktu mengerjakan sudah habis instruktur tes akan memberi tanda dengan kata "PINDAH",  jika mendengar kata itu maka anda harus berpindah ke kolom selanjutnya disebelah kanan anda.

Untuk lebih lengkapnya silahkan anda browsing saja.

Wawancara Pt Toyota Boshoku Indonesia (TBINA)

Bicara mengenai wawancara, bisa jadi merupakan tahapan tes seleksi paling horor bagi setiap pencari kerja baik yang sudah berpengalaman maupun yang masih baru. Bagi fresh graduate jelas horor karena belum pernah. Bagi yang berpengalaman bisa jadi horor karena dia berulang kali gagal atau mungkin karena faktor lainnya.

Tapi, wawancara atau interview di Pt TBINA ini jauh dari kesan horor, tidak ada yang perlu ditakutkan selain karena hr nya baik-baik tapi juga karena memang tidak ada pertanyaan yang menjebak yang diberikan.

Pertanyaan hanya seputar diri anda, keluarga anda, background pendidikan, pengalaman bekerja dan hal-hal mudah lainnya.

Satu hal kunci yang bisa mempermudah jalan anda lulus wawancara di perusahaan ini adalah anda harus memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan. Pengalaman saya, banyak yang tidak lolos dikarenakan kurangnya berkas persyaratan seperti SIM, Surat keterangan belum nikah, Ijazah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu jika anda memang serius maka lengkapilah semua berkas yang dipersyaratkan. 

Kesimpulan

Saya pikir pembahasan mengenai kisi-kisi psikotes dan wawancara Pt Toyota Boshoku Indonesia TBINA) yang saya paparkan diatas sangat jelas dan gamblang. Intiny adalah anda harus berusaha semaksimal mungkin jika anda ingin berhasil.

Ingatlah kesempatan emas tidak datang dua kali, selaku patuhi dan lengkapi persyaratan yang diperlukan agar nantinya jalan anda bisa mulus.

Jika terdapat kata atau data saya yang salah pada artikel ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, jika anda memiliki kritik atau saran yang membangun silahkan kirimkan melalui menu Contact Us. 



Artikel Terkait

8 komentar

Dr sekian bnyk yg ikut test biasanya yg keterima brapa % ka?

Saya dapet panggilan test di pt tbiba dan Besok saya test di sana..terima kasih kisi kisinya

Saya sudah melalui 4 kali tes di PT. TBINA Purwosari. Terakhir Tes Medical Check Up sekitar 3 bulan yang lalu. Namun sampai sekarang tidak ada informasi kelanjutannya bagaimana.


EmoticonEmoticon